468x60 Ads

Jumat, 07 September 2012

Aia Malanca, Pemandian Berseluncur Alami

Solok Selatan memiliki banyak objek wisata dari berbagai hal, hanya wisata pantai yang tidak ada disini, karena Solok Selatan berada di daerah pegunungan/dataran tinggi Sumatera Barat. Dikarenakan itu, membuat Solok Selatan kaya akan wisata alam, yang diantaranya Aia Malanca ini.
Aia Malanca atau dikenal juga dengan sebutan Simalanca, adalah wisata pemandian alami yang menyatukan empat objek wisata alam yang diantaranya, pemadian, seluncur, panorama dan objek air terjun. Disamping lokasi yang asri, udara yang sejuk dan sangat alami, juga dekat dari jalan raya. Aia Malnca dinamakan demikian karena aliran air tersebut mengalir di atas batu karang yang cekung, dengan kondisi demikian, kita bisa berselancar (malanca) di atas alirannya.
Objek wisata Aia Malanca ini terletak di Jorong Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Se¬latan Keca¬matan Sangir. Tidak jauh dari Pusat Ibukota Pemerintahan Kab. Solok Selatan di Padang Aro, Jaraknya mungkin ada sekitar 8 kilometer. Untuk mencapai ke lokasi ini, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.
Lokasi peman¬dian ini sangat mu¬dah ditemukan, dari Padang Aro atau Muaralabuh, anda berhenti di Kan¬tor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Sungai Lambai.
Teruskan perjalanan anda sekitar 200 meter lagi, anda akan bertemu dua jembatan. Setelah jembatan kedua, sebelah kanan ada persim¬pangan. Disanalah masuk menuju objek wisata alami Aia Malanca tersebut. Ketika anda menelusuri jalan persimpangan itu, di penghujung jalan anda akan menemukan Titian Kawek, jalannya memang menanjak, tetapi kendaraan bermotot roda dua masih bisa sampai kesana. Setelah melewati Titian Kawek, ambil jalur kanan dan ikuti jalan setepak sejauh sekitar 1 km kelokasinya.
Sampai di objek wisata ini, anda disuguhi tanjakan anak tangga setinggi 50 meter untuk naik keatas, disini kita dapat mendengar¬kan deru dan percikan air terjun Sima-lanca dengan bebunyian nuansa alami ditengah hutan. Airnya yang sangat jernih dan dingin mem¬buat anda akan segera ingin berendam dan berseluncur karena perjalanan, karena ini peman¬dian alami, fasilitas tempat luncurnya semua memang berupa bebatuan yang terbentuk secara alami. Namun anda tidak perlu khawatir, karena bebatuannya sudah licin dan tidak akan membuat robek celana/pantat anda.
Jika anda sudah kecapean bermain air, bebatuan Simalanca dapat menjadi tikar buat duduk-duduk atau berselenjoran, atau anda ingin makan dan membawa makanan serta ber¬teduh, pondok-pondok sederhana sudah disiapkan oleh dinas terkait. Dari pondok-pondok ini anda dapat menikmati pemandangan panorama yang ada disekitar Aia Malanca ini, termasuk melihat hamparan kebun teh dan perkampungan masyarakat Sungai Lambai.




Sameera ChathurangaPosted By Sameera Chathuranga

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat contact me

Thank You


1 Responses So Far:

Unknown mengatakan...

Tempat Pemandian Di Solok Selatan

Posting Komentar